Skip to main content

Featured

Diving Ternate 2023

  lucky diver found the dugong in Hiri island, north part of Ternate Why you have to come and dive here in Ternate ? that question will make you wonder what's going on in Ternate, a tiny island with the amazing past world civilizations. today we can dive easy and safe with our dive guide experience. we can try plan you dive schedule here in Ternate such as :  early morning dives about 07.30 am to 09.00 am (two dives) back for lunch and then afternoon dives thats a choice you can make night dive in front city    Dive Seasion : Mei – Oktober  Diveboat : we have charter/rental long wooden boat specially designed by local community her or charter speedboat. At the moment we can accommodate a maximum of 4 – 8 divers.  If you would like more information, please contact by text +62 81340780149 or E-mail :  ternateuw@gmail.com

MENYELAM DI TERNATE

Selamat Datang dan Menyelam di Ternate!

Ternate Juga dikenal sebagai "Pulau Rempah-rempah" oleh bangsa Eropa pada tahun 1322.
Geografi Pulau Ternate adalah salah satu pulau kecil dari 17.508 pulau Indonesia (Indo-Pasifik "east Indonesia"), yang terletak di wilayah segitiga karang dunia (Coral Triangle) dengan keanekaragaman hayati tinggi. Sebagai pulau kecil, Ternate juga masuk dalam gugusan gunung berapi aktif (ring of fire) yaitu Gunung Gamalama.

Zona Waktu GMT +09:00

Iklim Ternate beriklim tropis, panas dan berubah-rubah. Suhu berkisar diantara 31 derajat C (88 F) sampai 25 C (78 F). Musim panas berlangsung pada bulan April -November, sedangkan musim hujan pada bulan Desember - Maret.

Kesehatan Ternate tidak seperti pulau-pulau di Timur Indonesia lainnya, di sini tidak ada Malaria !

Penduduk Agama : 85% Muslim, Kristen 10%, namun terdapat juga beberapa Gereja, sebuah kuil dan sebuah klanten.

Mata uang Indonesia adalah Rupiah (IDR). Di Ternate tersedia bank (BI, BCA, BRI, BNI46, Danamon, Mandiri, Maluku, dan lainnya) dengan mesin ATM yang akan memberikan penarikan tunai melalui jaringan Visa dan MasterCard, dan lainnya dalam keperluan kebutuhan anda selama disini.

Visa Jika Anda berasal dari negara di luar Indonesia, Anda akan memerlukan visa turis untuk masuk ke Indonesia, yang dapat dikeluarkan pada saat kedatangan di bandara. Visa 30-hari dengan biaya US $ 25. Paspor harus berlaku selama minimal 6 bulan pada saat kedatangan di Indonesia. Untuk lebih up-to-date informasi tentang hal-hal perjalanan, silakan kunjungi Departemen di Indonesia dari situs Luar Negeri di www.kemlu.go.id untuk menemukan kedutaan atau konsulat terdekat Anda.

Akses menuju Ternate klik disini!
Pulau Ternate, foto: Sam

Apa yang menarik dari menyelam dan snorkling di Ternate ?
  1. Anda dapat menyelam tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyeberangi laut dengan kapal yang akan membawa Anda ke tempat menyelam tempat. Hemat waktu, bukan?
  2. Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona dan beragam di perairan dangkal yang aman , bersih dan tidak tercemar.
  3. Anda dapat merasakan kemudahan untuk melakukan night dive menyenangkan dan penuh petualangan diselingi dengan pemandangan malam hari kota Ternate.
  4. Siapa tahu Anda beruntung ?, Anda dapat menemukan peninggalan kuno yang tersimpan di kedalaman laut hasil dari jejak panjang sejarah Ternate sebagai daerah perdagangan dan kolonisasi.
Mengapa orang Indonesia harus datang dan berwisata di Ternate ?
  1. Saat ini beredar pandangan bahwa parwisata bahari bergeser ke wilayah Timur Indonesia . Pandangan ini benar. Dan sekarang, bagian timur Indonesia ini juga semakin terbuka untuk menerima pengunjung.
  2. Jika keamanan merupakan faktor penting, Ternate sekarang benar-benar aman!. Tingkat Kejahatan disini dapat dikatakan sangat rendah, dan orang Ternate sangat menghargai pendatang atau pelancong.
  3. Menyangkut biaya yang harus dikeluarkan, Ternate juga memiliki banyak pilihan. Penginapan murah sampai mahal tersedia tergantung pada pilihan. Biaya konsumsi juga tidak berbeda jauh dengan kota-kota lain di Indonesia. Bahkan pelancong dapat mencicipi kuliner lokal yang kaya akan rempat-rempat sambil berwisata bahari di Ternate.
  4. Sejarah panjang Ternate menjadi bagian yang paling menarik untuk dikaitkan dengan Indonesia yang mengajak dan mengundang orang untuk datang. Sebutan sebagai pulau rempah-rempah dan gambar di lembaran uang seribu merupakan bukti bahwa Ternate kaya dengan beraneka macam: bahari, sejarah, budaya dan juga santapan 
Untouched shallow reef @Tanjung. Konde, photo : Ria Qorina Lubis
Untouched soft coral garden @ Telaganita, foto: Ria Qorina Lubis
Contoh jadwal menyelam  
  • Berangkat jam : 07.30 atau 08.00 pagi untuk 2 kali penyelama.
  • Makan siang    : 13.00 siang di Maitara / Tidore pulau atau di divesite
  • Berangkat        : 15.00 WIB selama 1 menyelam sore
  • Menyelam malam di depan kota (belakang mess)
Musim Menyelam : Mei - Oktober.
Seperti kita tahu bahwa angin barat bertiup antara bulan September dan Maret, puncak pada Desember dan Januari. Karakteristik angin barat yang membawa hujan dan bertiup kencang. Hal ini menyebabkan gelombang di perairan Indonesia meningkat pada bulan Desember dan Januari. Dengan kondisi tersebut, tempat menyelam terletak dipesisir barat terkena langsung oleh angin barat, ombak biasanya akan membesar, dan air menjadi keruh. Biasanya kondisi menyelam sulit. Namun, ada juga daerah yang dapat diselami hanya pada angin barat, umumnya terletak di pantai timur pulau. Jadi, Menyelam pada bulan Desember dan Januari tidak menjadi masalah, selama kita bisa memilih situs yang benar selaras dengan cuaca. 
Sebagai contoh : di Ternate, jika terjadi gelombang atau angin di sisi selatan, kita masih bisa menyelam di sisi utara pulau yang terlindung dari gelombang atau angin, dan sebaliknya.

Kecerahan air di pulau Ternate dan daerah sekitarnya, bisa mencapai jarak pandang 20-40 meter, atau sampai 10-25 meter.  

Kapal untuk menyelam biasanya kami sewa perahu motor (kapal kayu panjang) yang dirancang khusus oleh masyarakat lokal di sini, yang dapat menampung maksimal 4 - 8 orang penyelam.
 
Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami:
atau membuka halaman Facebook atau Flickr kami dan dari website ini. Sampai Jumpa !

Popular Posts